inzeksen 125

inzeksen 125

Sabtu, 13 November 2010

PMR


Langkah-langkah Penilaian

1.     Penilaian Keadaan
2.     Penilaian Dini
3.     Pemeriksaan Fisik
4.     Riwayat penderita
5.     Pemeriksaan Berkala atau Lanjut
6.     Pelaporan
Penilaian Keadaan

-         Bagaimana Kondisi saat itu ?
-         Apakah yang mungkin akan terjadi ?
-         Bagaimana mengatasinya ?
Pada saat di lokasi kejadian penolong harus :

1. Memastikan keselamatan penolong, orang-orang dilingkungan sekitar dan penderita.

a.     Pertama saya akan memastikan keselamatan penolong, apakah aman ?
b.     Lingkungan sekitar, apakah aman ?
c.      Korban, apakah aman ?
2. Penolong memperkenalkan diri, bila memungkinkan. Nama penolong. Nama organisasi

a.     Apakah mungkin saya memperkenalkan diri ?
b.     Nama saya…………………………………..?
c.      Dari pangkalan………………………………?

3. Tentukan mekanisme kejadian, dan kasus

a.     bagaimana mekanisme kejadian ?
b.     Dari mekanisme kejadian saya tentukan ini kasus ………………

4. Memakai APD (Alat Pelindung Diri)

    



Selanjutnya saya memakai alat pelindung diri, meliputi :
-         Sarung tangan lateks
-         Kaca mata pelindung
-         Baju pelindung
-         Masker penolong
-         Helm
5. Periksa respon, Awas, Suara, Nyeri, Tidak respon. (ASNT)

a.     Selanjutnya saya periksa respon panggilan, mas-mas / mbak-mbak. Apakah ada respon?
b.     Saya tingkatkan respon sentuhan. Apakah ada respon ?
c.      Saya tingkatkan lagi respon nyeri didada. Apakah ada respon ?
6. Jika ada respon meminta bantuan

Tolong saya dibantu panggikan ambulan

7.     Cek leher

Saya akan mengecek leher dengan cara menyamakan leher korban dengan saya. Apakah ada kelainan ?

8.     Memastikan jalan nafas terbuka dengan baik

Saya akan memastikan jalan nafas terbuka dengan baik dengan tehnik tekan dahi angkat dagu. Apakah ada sumbatan ?

9.     Menilai pernafasan

Saya akan menilai pernafasan secara lihat, dengar, rasakan
a.     Lihat apakah ada gerakan naik turunnya dada
b.     Dengar apakah ada nafas yang terdengar ditelinga
c.      Rasakan apakah ada nafas yang terhembus di pipi
d.     Saya tentukan 3-5 detik. 1,2,3,………………dst.
e.      Apakah nafas normal ?


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money