inzeksen 125

inzeksen 125

Selasa, 30 Agustus 2011

CONTOH MEMBUAT LAPORAN PRAKERIN ( PKL )


Vertical Scroll: LAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
SMK HASAN KAFRAWI



 

DI SUSUN OLEH :

   NAMA		: Muh Khabib
   NIS			: 081
   KELAS		: XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
























































SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN HASAN KAFRAWI
PANCUR MAYONG JEPARA
Jln. Raya mayong - pancur km 08 Pancur Mayong Jepara Kode Pos 59465
Telp : 0291-3362385 / 081325 519660
PENGESAHAN
Penulis laporan ini telah diperiksa sekaligus telah disetujui sebagai salah satu tahapan dan persyaratan untuk pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di SMK Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Tahun Pelajaran 2010/2011.
     Tertanda pengesahan sebagai berikut :
Nama siswa                  : Muh Khabib
No. Induk                     : 081
Kelas                             : XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
Telah disahkan pada  :
Hari/tanggal                 :        
            Sekaligus  dinyatakan  sebagai  kelengkapan  dalam  melaksanakan
Ujian  Nasional  tahun  pelajaran 2010/2011


Mengetahui
 Ka.Prodi                                                                       Wali Kelas XII RPL


  
    (  Muallim, S.Com )                                                         ( Ery Sulis , S.Pdi )
      Mengetahui

      Guru Pembimbing I              Guru Pembimbing II                    Kepala SMK HK



    ( Muallim, S.Com                ( Eko Ma’ruf, S.Ag )              ( Miftahur Roqib,M.S.I )



II

MOTTO HIDUP

Meraih Sukses dengan Menjadi Kreatif
Menjadi sukses adalah tujuan hidup bagi sebagian besar orang. Salah satu modal untuk meraih kesuksesan adalah dengan menjadi individu yang kreatif. Dengan kreatifitas yang dimiliki seseorang disertai dengan pengambilan langkah-langkah yang tepat dalam mengembangkan kreatifitas tersebut, Kesuksesan bisa dicapai. Ada beberapa langkah awal yang dapat diambil untuk mencapai kesuksesan dengan memanfaatkan ide kreatif yangAnda miliki, diantaranya:
ü Coba sesuatu yang baru
Jangan pernah takut untuk mencoba, karena segala sesuatu hal berawal dari mencoba sampai akhirnya Anda sendiri yang menilai apakah Anda sudah mampu dalam bidang tersebut atau belum. Selain itu, dengan banyak mencoba Anda akan semakin tertempa untuk mampu menyelesaikan segala macam masalah yang Anda hadapi dalam bidang tersebut
ü Mewujudkan ide
Jika Anda mempunyai ide positif, aplikasikan hal tersebut kedalam satu bidang yang mampu Anda pertanggung jawabkan.
ü Bergerak sedikit demi sedikit
Mulailah menggarap sedikit demi sedikit ide yang ada dalam pikiran Anda, jangan jadikan ide tersebut hanya sebatas wacana.
ü Banyak bertanya
Tanyakan kepada orang yang lebih berpengalaman karena hal itu akan menambah wawasan serta informasi yang kita butuhkan dalam memulai satu pekerjaan.
ü Banyak belajar
Mulailah membuka buku serta referensi lain yang ada hubungannya dengan ruang lingkup ide Anda.
III
PERSEMBAHAN

Pesembahan  ini   saya   khususkan   kepada   kepala  SMK Hasan Kafrawi Yaitu Bapak Miftahur Roqib dan tidak lupa buat wali kelas kami yaitu Ibuk Ery    dan   juga  guru  pembimbing   kami Bapak Mualim Yang selalu memberi bimbingan dan pengarahan tentang (RPL) Rekayasa Perangkat Lunak, dan tidak ketinggalan pula ke dua orang tua yang selalu mendukung penulis dan mendo’akan selalu.
Semoga saja Persembahan ini dapat mempertimbangkan untuk penilaian kami.


 Penulis



      (Muh Khabib)
































IV

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warohmatullah hi Wabarokatuh
               Segala puji bagi Allah SWT, yang tak henti-hentinya melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusun deapat menyelesaikan laporan ini karena laporan ini sebagai syarat untuk pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) SMK Hasan Kafrawi Tahun Pelajaran 2010/2011. Bidang keahlian Tehnologi Informasi, Progam keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Kelas XI SMK Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara dan sebagai bukti kemandirian dan pola pikir kreatif untuk turun ke dunia kerja.

Laporan ini disusun dengan tujuan memberikan gambaran mengenai laporan selama Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Selama terjun dilapangan.
                      Selanjutnya penyusun tidak lupa menghaturkan terima kasih kepada :
  1. Miftahur Roqib,S.Ag selaku kepala SMK Hasan Kafrawi.
  2. Mualim, S.Com selaku pembimbing Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
  3. Muhlas, A.Md selaku Wali kelas kami.
  4. Dudik Nugroho selaku Pimpinan MAESTRO KOMPUTER
  5. Seluruh Pembimbing MAESTRO KOMPUTER
  6. Seluruh pengelola tata usaha SMK Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara
  7. Orang tua atas Do’a dan dukungannya
  8. Teman-teman dan semua pihak yang secara langsung membantu dan memberi dorongan semangat kepada penyusun.
Demikianlah penyusun laporan ini. Dan sangat disadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu kritik dan saran sangat diharapkan dari para pembaca sebagai acuan dalam pelaksanaan penyusun laporan semoga nantinya penyusun laporan dapat terselesaikan dengan sempurna.

Jepara 09 Juni 2011
Penyusun,



(MUH KHABIB)
V
DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL………………………………………………. I
LEMBAR PENGESAHAN……………………………………..   II
MOTTO………………………………………………………….    II
PERSEMBAHAN……………………………………………….   IV
KATA PENGANTAR…………………………………………..   V
DAFTAR ISI…………………………………………………….    VI
BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar belakang……………………………………….   1
2.      Tujuan………………………………………………..   2
3.      Landasan hukum…………………………………….   3
4.      Peserta PI /PSG………………………………………   3
5.       Ruang lingkup……………………………………….   4
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
            2.1 Identitas/profil Lembaga/Sekolah………………….    5
BAB III UNIT KEGIATAN KELEMBAGAAN
            3.1 Pokok-pokok Uraian Tugas (job diskrition)……….   6
BAB IV KEGIATAN PKL DAN HARIAN
            4.1 Laporan kegiatan siswa secara berkala……………    7-9
            4.2  Cara Merakit Komputer…………………………...    10-18
BAB V PENUTUP
            5.1 Kesimpulan…………………………………………..    19
            5.2 Saran- saran…………………………………………    20
            5.3 Dokumentasi foto saat di PKL……………………..     21
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………..    22












VI
BAB I
PENDAHULUAN

1.1        LATAR BELAKANG


Tujuan penyususnan laporan Praktek kerja Industri (PRAKERIN) ini guna mendukung Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Tuntunan profesionalisme adalah bagian dari peristiwa zaman sebagai penjelamaan
dari keinginan masyrakat modern yang tidak terhindar untuk meningkatkan kuwalitas lulusan SMK Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara sebagai sumber daya manusia Indonesia yang handal dan Profesional.
Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan melaksanakan prakerin antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK.
Program pendidikan sistem ganda sangat dibutuhkan dalam penguasaan kompetensi dan pembentukan sikap profesi siswa seperti tercermin dalam tujuan pendidikan dan pelatihan SMK yaitu :
1. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan terutama bertujuan untuk membekali peserta diklat mengembangkan kepribadian, potensi akademik, dan dasar-dasar keahlian yang kuat dan benar melalui pembelajaran program adaktif, normatif dan produktif.
2. Pendidikan dan pelatihan di dunia kerja bertujuan untuk memberikan memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta menguasai kompetensi keahlian produktif standar, menginternalisasi sikap nilai budaya industri yang berorientasi kepada standar mutu,nilai-nilai ekonomi dan jiwa kewirausahaan, serta membentuk etos kerja yang kritis, produktif dan kompetitif.
PRAKERIN adalah bentuk program kegiatan yang cukup representive karena dari kegiatan tersebut diharapkan siswa akan memperoleh pengalaman tugas (Praktik) menerapkan ilmu sesuai bidang keahlian yang mereka miliki.










Explosion 1: 1

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



1.2 TUJUAN

Berangkat dari dasar pemikiran tersebut, maka tujuan dari PRAKERIN adalah :
1.      Memberikan pengalaman pada siswa dalam menerapkan kompetensi, baik personal, professional maupun sosial di lapangan.
2.      Sebagai lanjutan dari pengembangan profosal yang telah disusun
3.      Sebagai bukti bahwa peserta melakukan praktik dalam dunia industry
4.      Untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan yang peserta lakukan selama peserta berpraktik dalam dunia industri.
5.      Memberika pengalaman tentang kondisi  Riil dunia kerja denagn berbagai implikasinya sehinnga menjadi yakin, cinta dan senang terhadap profesinya.
6.      Menumbuh kembangkan dan mementapkan sikap professional yang diperlukan untuk memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidang keahlian masing – masing.
7.      Memperoleh masukan dan umpan balik dengan memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian dan kerjasama.
8.      Memberikan peluang penempatan tamatan dan kerjasama.














                                                                                             

















Explosion 1: 2

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



1.3  LANDASAN HUKUM

Pelaksanaan praktik kerja lapangan didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam undang-undang nomor 02 tahun 1969 tentang pendidikan nasional.
Peraturan pemerintah nomor 29 tahun 1990 tentang  pendidikan menengah.
Peraturan pemerintah nomor  39 tahun 1992 tentang peran masyarakat dalam pendidikan nasional.
Keputusan mendikbud nomor 060/U/1993 tentang kurikulum SMK sebagai berikut :
pelaksanaan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu :
pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah.

1.4   PESERTA PSG/PRAKERIN

                        Peserta PSG/PRAKERIN adalah siswa SMK Hasan Kafrawi program
keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.yang sudah memenuhi syarat.



















 















Explosion 1: 3

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



1.5 RAMBU-RAMBU            
Segala kegiatan praktik lapangan harus memperhatikan rambu-rambu sebagai berikut :
1.      PRAKERIN/PSG pada dasarnya merupakan kegiatan intrakuliuler yang harus dilaksanakan oleh siswa secara individual.
2.      PRAKERIN/PSG terutama diarahkan agar siswa :
A)    Memperdalam dan memperluas penguasaan secara optimal dan Profesional
B)    Menghayati Susana kerja dalam situasi yang sesungguhnya  
3.      sesuai dengan asas fleksibilitas kurikulum SMK,jadwal praktik industri
      dapat disesuaikan dengan kondisi dan tuntutan kebutuhan setempat, dan
      tidak harus selalu sama persis pada PMB disekolah.
4.      memperhatikan peraturan yang ada dan hakikat tujuannya yaitu : Perpaduan kegiatan belajar mengajar disekolah dan di dunia kerja dalam satu kesatuan system untuk mencapai tingkat keahlian professional tertentu.
5.      Dengan pengaturan organisasi dan pola penyelenggaraan pendidikan SMK dapat menyelenggarakan proses belajar mengajar sebagaian atau seluruh komponen keahlian atau kejuruan dalam bentuk latihan kerja PRAKERIN/PSG.
6.      Untuk mengoptimalkan kegiatan praktik lapangan/praktik industri sebagai wahana belajar siswa SMK,perlu tim khusus yang dapat menangani secara professional dan terkoordinasi dengan kegiatan-kegiatan yang lain.
7.      Perlu dirancang suatu system yang dapat menjamin terlaksanakanya kegiatan tersebut secara terarah, efektif, dan terkendali seperti adanya jurnal kegiatan PSG/PRAKERIN siswa.
8.      Proses Pembimbingan dan penempatan keberhasilan siswa yang melaksanakan praktik kerja bersama-sama antara pihak sekolah dan lapangan kerja dan dimana tempat prktik siswa.













Explosion 1: 4

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



BAB II
PROFIL PERUSAAHAAN


1.      Nama Perusahaan/Lembaga         : MAESTRO KOMPUTER
2.      Alamat                                             : Jl. Raya Tahunan Box Ijo Km 5 Jepara
3.      Phone                                              : 0291 3333215
4.      Nomor Telepon/Faksimile             : 0291 591582
5.      E-mail  address                               : maestrojepara@gmail.com
6.      Website                                            : www.maestrojepara.co.cc
7.       Nama Pimpinan                            : Dudik Nugroho S.com
8.      Nama Pembimbing                        : 1. M. Gufron
: 2. M Noor Ahsan
: 3. M. Nurkan Afandi
Maestro Computer
merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan perdagangan Teknologi Informasi ( TI ). Didirikan pada tahun 2003 di jepara, seiring berkembangnya Teknologi Informasi pada saat ini menuntut masyarakat untuk lebih mengenal dunia teknologi khususnya komputer. Hampir disegala pekerjaan perkantoran, komputer sangat dituntut keberadaanya guna menyelesaikan pekerjaan. Di masa era globalisasi sekarang ini sistem komputerisasi yang efisien waktu dan biaya sangat banyak dibutuhkan bagi dunia usaha. maka  perkembangan teknologiinformasi selalu berwawasan pada kebutuhan saat ini dan masa depan. untuk itu Maestro Computer hadir guna menyediakan layanan jasa MAINTENANCE SUPPORT AND SERVICE serta penjualan perangkat komputer dengan aksessoris pendukungnya, guna membantu dan memberikan solusi IT kepada pihak manajemen perusahaan dalam mengantisipasi permasalahan seputar bidang komputer. Hal ini dilakukan untuk dapat meningkatkan performance, efektifitas kerja, dan memungkinkan juga efisiensi biaya yang harus dikeluarkan suatu perusahaan. 
Visi dan misi (Maestro Computer) Jepara
Perusahan Kami ini juga mendukung Keputusan pemerintah bahwa indonesia saat ini yang sudah menerapkan otonomi daerah sedang menggalakkan implementasi IT di segala bidang pekerjaan dalam dunia usaha, baik institusi pemerintahan daerah, institusi pemerintahan pusat, institusi pendidikan, institusi transportasi, kedokteran, dan bidang usaha yang lainya. Agar masyarakat mampu menikmati teknologi sesuai dengan yang dibutuhkan guna menunjang kinerja, produktifitas dan kreatifitas untuk perkembangan dan kemajuan masyarakat daerah dengan melalui pengetahuan komputer.









Explosion 1: 5

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



BAB III

UNIT KEGIATAN KELEMBAGAAN
POKOK- POKOK URAIAN TUGAS (JOB DISCRIPTION)
MAESTRO COMPUTER

NO
JABATAN
TUGAS
KETERANGAN
1
Pimpinan I
Pimpinan Perusahaan


Pimpinan II
Operasional


Pimpinan III
Desain

2
Tehnisi
Marketing Mensevice


                                                                    
                                          

































Explosion 1: 6Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak                                                                                                                                                                                               
BAB IV
KEGIATAN HARIAN


Tempat                               : MAESTRO KOPUTER

Tgl……../
……../20011
Mulai
Pulang
Kegiatan
01/Maret/2011
08.00
16.00
Di suruh Memperhatikan cara Memasang Bokar + Masang + Praktik
02/Maret/2011
08.00
16.00
Servis kuluar + isi katrit
03/Maret/2011
08.00
16.00
Instal ulang + back up data
04/Maret/2011
08.00
16.00
Pasang kabel konektor + merakit
05/Maret/2011
08.00
16.00
Instal program + download data
06/Maret/2011
Libur
Libur
Libur
07/Maret/2011
08.00
16.00
Servis keluar
08/Maret/2011
08.00
16.00
Instal ulang + Aplikasi
09/Maret/2011
08.00
16.00
Servis keluar
010/Maret/2011
08.00
16.00
Install ulang + back up data
11/Maret/2011
08.00
16.00
Baker Cd + isi katrit
12/Maret/2011
08.00
16.00
Cek monitor + servis printer
13/Maret/2011
Libur
Libur
Libur
14/Maret/2011
08.00
16.00
Instal Windows XP 2 + Driver
15/Maret/2011
08.00
16.00
Ghos hardisk
16/Maret/2011
08.00
16.00
Instal ulang + Aplikasi
17/Maret/2011
08.00
16.00
Isi tinta + vakum tinta
18/Maret/2011
08.00
16.00
Back up data
19/Maret/2011
08.00
16.00
Cek spiker + monitor
20/Maret/2011
Libur
Libur
Libur
21/Maret/2011
08.00
16.00
Pasang konektor + Aplikasi
22/Maret/2011
08.00
16.00
Servis keluar
23/Maret/2011
08.00
16.00
Isi tinta + vakum
24/Maret/2011
08.00
16.00
Scan virus + back up data
25/Maret/2011
08.00
16.00
Isi tuner + isi tinta
25/Maret/2011
08.00
16.00
Servis keluar + isi katrit
26/Maret/2011
08.30
16.00
Merakit + install program
27/Maret/2011
Libur
Libur
Libur
28/Maret/2011
08.30
16.00
Pasang konektor + Instal ulang
29/Maret/2011
08.30
16.00
Merakit + install Aplikasi
30/Maret/2011
08.30
16.00
Pasang konektor + vakum tinta
31/Maret/2011
08.30
16.00
Instal program + back up data














Explosion 1: 7

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



 Tgl……../
……../2011
Mulai
Pulang
Kegiatan
01/April/2011
08.00
16.00
Scan virus + merakit
02/April/2011
08.00
16.00
Menginstal computer + program
03/April/2011
Libur
Libur
Libur
04/April/2011
08.00
16.00
Cek spiker + Instal ulang computer
05/April/2011
08.00
16.00
Merakit + menginstal
06/April/2011
08.00
16.00
Pasang konektor + vakum tinta
07/April/2011
08.00
16.00
Isi tuner + servis printer
08/April/2011
08.00
16.00
Scan virus + back up data
09/April/2011
08.00
16.00
Merakit + install Aplikasi
10/April/2011
Libur
Libur
Libur
11/April/2011
08.00
16.00
Merakit + install program
12/April/2011
08.00
16.00
Servis keluar + isi katrit
13/April/2011
08.00
16.00
Pasang konektor + Instal ulang
14/April/2011
08.00
16.00
Merakit + install Aplikasi
15/April/2011
08.00
16.00
Pasang konektor + vakum tinta
16/April/2011
08.00
16.00
Instal program + back up data
17/April/2011
Libur
Libur
Libur
18/April/2011
08.00
16.00
Merakit + install Aplikasi
19/April/2011
08.00
16.00
Scan virus + back up data
20/April/2011
08.00
16.00
Istal driver
21/April/2011
08.00
16.00
Merakit + install program
22/April/2011
08.00
16.00
Servis keluar + isi katrit
23/April/2011
08.00
16.00
Pasang konektor + Instal ulang
24/April/2011
Libur
Libur
Libur
25/April/2011
08.00
16.00
Pasang konektor + vakum tinta
26/April/2011
08.00
16.00
Instal program + back up data
27/April/2011
08.00
16.00
Scan virus + back up data
28/April/2011
08.00
16.00
Merakit + install Aplikasi
29/April/2011
08.00
16.00
Istal driver
30/April/2011
08.00
16.00
Istal driver


























Explosion 1: 8

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



Tgl……../
……../2011
Mulai
Pulang
Kegiatan
01/Mei/2011
Libur
Libur
Libur
02/ Mei/2011
08.00
16.00
Isi tinta + install Aplikasi
03/ Mei/2011
08.00
16.00
Merakit + install program
04/ Mei/2011
08.00
16.00
Menginstal + Aplikasi
05/ Mei/2011
08.00
16.00
Servis printer + isi tinta
06/ Mei/2011
08.00
16.00
Klimping + Pasang LAN + menginstal
07/ Mei/2011
08.00
16.00
Instal windows 7  + Aplikasi
08/ Mei/2011
Libur
Libur
Libur
09/ Mei/2011
08.00
16.00
Baker CD + servis computer
10/ Mei/2011
08.00
16.00
Instal ulang + back up data
11/ Mei/2011
08.00
16.00
Pasang konektor + cek monitor
12/ Mei/2011
08.00
16.00
Isi tinta + install Aplikasi
13/ Mei/2011
08.00
16.00
Merakit + install program
14/ Mei/2011
08.00
16.00
Menginstal + Aplikasi
15/ Mei/2011
Libur
Libur
Libur
16/ Mei/2011
08.00
16.00
Klimping + Pasang LAN + menginstal
17/ Mei/2011
08.00
16.00
Instal windows 7  + Aplikasi
18/ Mei/2011
08.00
16.00
Servis computer + ganti hardisk
19/ Mei/2011
08.00
16.00
Baker CD + servis computer
20/ Mei/2011
08.00
16.00
Instal ulang + Istal Game
21/ Mei/2011
08.00
16.00
Scan virus + merakit
22/ Mei/2011
Libur
Libur
Libur
23/ Mei/2011
08.00
16.00
Istal Driver Printer
24/ Mei/2011
08.00
16.00
Cek spiker + Mozila
25/ Mei/2011
08.00
16.00
Merakit + Office 2007
26/ Mei/2011
08.00
16.00
Pasang konektor + Istal Tune Up
27/ Mei/2011
08.00
16.00
Istal Nero  + servis printer
28/ Mei/2011
08.00
16.00
Scan virus + baker CD
29/ Mei/2011
Libur
Libur
Libur
30/ Mei/2011
08.00
16.00
Istal Windons
31/ Mei/2011
08.00
16.00
Istal Driver + Selesai


                                                                                                                                                                                               























Explosion 1: 9

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



CARA MERAKIT KOMPUTER BESERTA GAMBARNYA
Sengaja di sajikan beserta gambar agar mudah paham nggak usah baca buku tebal2 ini aja saya percaya akan memudahkan membantu merakit computer apapun jenisnya selamat mencoba.
Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merakit komputer, terutama bagi mereka yang baru belajar .. dari beberapa referensi yang saya pelajari .. maka berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara merakit komputer, mudah-mudahan bermanfaat .. Red. deden
Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:
A. Persiapan
B. Perakitan

C. Pengujian
D. Penanganan Masalah


Persiapan
Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:
  1. Penentuan Konfigurasi Komputer
  2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan
  3. Pengamanan
Penentuan Konfigurasi Komputer
Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.
Persiapan Komponen dan Perlengkapan
Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:
  • Komponen komputer
  • Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
  • Buku manual dan referensi dari komponen
  • Alat bantu berupa obeng pipih dan philips










Explosion 1: 3

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



SOFTWARE SISTEM OPERASI, DEVICE DRIVER DAN PROGRAM APLIKASI.




Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.
Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:
  • Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
  • Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.



Perakitan
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:
  1. Penyiapan motherboard
  2. Memasang Prosessor
  3. Memasang heatsink
  4. Memasang Modul Memori
  5. memasang Motherboard pada Casing
  6. Memasang Power Supply
  7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
  8. Memasang Drive
  9. Memasang card Adapter
  10. Penyelesaian Akhir










Explosion 1: 3

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



 1. PENYIAPAN MOTHERBOARD
Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor

.

2. Memasang Prosessor
Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket
  1. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
  2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
  3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
  4. Turunkan kembali tuas pengunci.


Jenis Slot
  1. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
  2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak
Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot.
 













Explosion 1: 3

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



3. MEMASANG HEATSINK
Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.





4. Memasang Modul Memori
Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.
Jenis SIMM
  1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
  2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
  3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.

 





Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak


Explosion 1: 3














JENIS DIMM DAN RIMM
Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan
  1. Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
  2. sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
  3. Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.






  5. Memasang Motherboard pada Casing
Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannya sebagai berikut:
  1. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
  2. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
  3. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
  4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
  5. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.















Explosion 1: 3

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



  6. MEMASANG POWER SUPPLY
Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:
  1. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
  2. HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.





7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing.
  1. Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
  2. Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
  3. Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
  4. Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
  5. Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
  6. Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.











Explosion 1: 3

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak












Explosion 1: 3

8. Memasang Drive
Prosedur memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut:
  1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
  2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
  3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
  4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
  5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
  6. Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
  7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
  8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive.




9. Memasang Card Adapter
Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya. Cara memasang adapter:
  1. Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
  2. Pasang sekerup penahan card ke casing
  3. Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.















Explosion 1: 3

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



10. Penyelessaian Akhir
  1. Pasang penutup casing dengan menggeser
  2. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
  3. Pasang konektor monitor ke port video card.
  4. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
  5. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
  6. Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.
 


Pengujian
Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:
  1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
  2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
  3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
  4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
  5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.
Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.
Penanganan Masalah
Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
  1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
  2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/
LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung.  Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.












Explosion 1: 3

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak



BAB V
PENUTUP


5.1. KESIMPULAN
            Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan bagi siswa SMK Hasan Kafrawi Jepara tahun pelajaran 2010/2011 dapat saya simpulkan :
  1. bahwa dalam perkembangan dunia pendidikan khususnya pendididkan kejuruan serta modenisasi di bidang keahlian, sangat perlubagi siswa mengenal/mempraktikkan secara di dunia nyata/dunia industri
  2. Bahwa waktu yang kureang lebih 3 bulan yang dipergunakan oleh siswa, bila dipergunakan secara efisien sudah cukup mengenal/mempraktikkan dunia usaha/dunia industri, sehingga antara teori dan praktik di lapangan sangat terkait.
  3. Hasil selama praktik industri di dunia usaha/ di dunia industri. Kemudian di evaluasi untuk menuju sasaran pendidikan kejuruan yang siap pakai.
  4. Bentuk nilai yang di cantumkan dalam sertifikat ilmu dengan baik. 

                        SARAN – SARAN
  1. Hendaknya para siswa dan masyarakat umum mempunyai pandangan hidup ke depan yang lebih baik. Sebagi cara untuk menciptakan suasana yang kondusif karena bangsa ini mengakui golongan dalam berbagai bidang mulai dari politik, ekonomi, dan social budaya untuk itu dapat kita sadari dan cermati sampai mana bangsa ini melangkah.
  2. Marilah kita melangkah belajar dan bekerja untuk mengisi pembangunan sebagai salah satu langkah yang paling kecil untuk menuju masyarakat adil dan makmur, tentram dan sejahtera. Semoga yang kuasa memberi berkah dan karunia untuk kita semua.














Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak                                                                                                                                                                                               






Explosion 1: 10




Daftar Pustaka


1.      TOTOTITITENTREM’SITE, Merakit computer
  1. RATNA, 2007, Belajar cepat Microsoft exel.
3.      EDY S MULYONO, Belajar cepat microsoft word







































Explosion 1: 11

Plaque: Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money